PNJ

Teknik Informatika dan Komputer

politeknik negeri jakarta


Jurusan TIK


Jurusan Teknik Informatika dan Komputer
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (TIK) diresmikan pada 2 Juni 2014 yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana sains terapan yang berpengalaman dan mampu memecahkan masalah dalam bidang Teknik Informatika dan Komputer dengan menganalisis, merancang dan membangun sistem.

Saat ini Jurusan Teknik Informatika dan Komputer memiliki tiga program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan dan Teknik Multimedia dan Jaringan.

Selain itu terdapat program kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri. Kelas program kerja sama dalam negeri yang diselenggarakan oleh jurusan TIK bekerja sama dengan B2PKLN Cevest Bekasi dan bekerja sama dengan CCIT Fakutas Teknik Universitas Indonesia. Sedangkan kerja sama dengan luar negeri antara Jurusan TIK dengan Asia e-University Malaysia adalah Teknik Informatika AeU dan Tekik Multimedia dan Jaringan AeU

Program Studi Teknik Informatika
Merupakan program pendidikan Sarjana Sains Terapan (S.ST) untuk jenjang Diploma IV pendidikan vokasi. Dengan waktu tempuh penyelesaian studi 4 tahun sama dengan program sarjana (S1).
Program Studi Teknik Informatika ini mendapatkan ijin dari Dikti pada tanggal 17 Desember 2010. Dengan surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 217/D/O/2010. Program Studi ini menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang Teknik Elektro atau Teknik Informatika.
Lulusannya dapat bekerja mandiri sebagai Tenaga Kerja TIK (Programmer) yang dapat menganalisa, merancang dan membangun sistem informasi berskala enterprise berdasarkan keahlian dalam bidang basis data dan jaringan.

Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan
Merupakan program pendidikan vokasi jenjang Diploma IV, yang dikonsentrasikan pada Teknik Komputer dan Jaringan. Program ini menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang Teknik Elektro atau Teknik Informatika.
Mahasiswa dididik untuk mampu merancang, membangun serta merawat sistem jaringan komputer untuk skala LAN, WAN maupun Internetworking, juga terampil dalam membuat perangkat lunak aplikasi client dan web dengan menerapkan sistem database dari spesifikasi yang sudah didefinisikan sesuai kaidah rekayasa perangkat lunak. Perkuliahan yang diberikan terdiri dari teori, praktik di workshop dan laboratorium serta di industri.
Lulusannya dapat bekerja mandiri sebagai webmaster, atau di perusahaan-perusahaan yang menggunakan jaringan data sebagai pengelola jaringan dibagian teknik yang merawat dan memperbaiki komputer dan jaringan.

Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan
Merupakan program pendidikan vokasi jenjang Diploma IV yang menawarkan program reguler bagi lulusan SMA IPA dan SMK bidang teknik elektro. Program ini dikonsentrasikan pada bidang Teknik Multimedia dan Jaringan, yang bertujuan untuk mendidik para mahasiswa mempunyai kemampuan menginstalasi jaringan komputer yang berskala Intranet, WAN, dan Internet, juga mampu merancang bentuk-bentuk tampilan animasi yang dapat diaplikasikan pada jaringan multimedia.
Lulusan program ini dapat bekerja mandiri maupun bekerja di perusahaan-perusahaan sebagai perencana dan pelaksana instalasi jaringan multimedia, sebagai pengelola jaringan multimedia.