TIM ABIRAWA TIK PNJ RAIH JUARA III KOMPETISI BIDANG PERTANIAN - AITEC 2021

Tim Abirawa yang diwakili Dimas Aulia Fachrudin Kelas TMJ 5 Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta berhasil meraih juara III babak final Lomba Agriculture Innovation Technology Competition (AITEC) 2021 - Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian yang di selenggarakan pada Tanggal 6-8 Oktober 2021 di Politeknik Negeri Jember.  Untuk juara I dan II kategori ini diraih oleh Politeknik Negeri Banyuwangi dan Politeknik Negeri Samarinda (sumber : https://aitec.polije.ac.id ).

Agricultural Innovation Technology Competition (AITeC)  2021 merupakan kegiatan berupa kompetisi pengelasan yang diikuti oleh mahasiswa Politektik/ Pendidikan Tinggi Vokasi Negeri dan Swasta dari seluruh Indonesia. Lomba Agricultural Innovation Technology Competition (AITeC) 2021 terdiri dari babak 1, 2, dan babak final. Selain tim Abirawa Politeknik Negeri Jakarta juga mengirimkan 2 tim lagi sampai babak final yaitu tim Restu ibu (diwakili David Nathanael/ TMJ 5) dan tim C8H9N02 (diwakili oleh Teguh Tri Sasongko/TMJ 7).

Sebagai informasi Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi teknologi mutakhir di bidang Pertanian (Agriculture) dan Sistem Pangan mengadopsi teknologi 4.0 yang dapat menghubungkan berbagai sektor dan berbagai disiplin ilmu dalam upaya untuk mengatasi tantangan bidang pertanian dan pangan abad ke-21, antara lain mencakup :

1.   Teknik Pertanian dan Bioteknologi (Agriculture Engineering and Biotechnology);

2.   Pertanian Organik (Organic Agriculture);

3.   Agroindustri dan Agribisnis (Agro industry and Agribusiness);

4.   Nutrisi Ternak (Animal Nutrition);

5.   Produksi Ternak (Animal Production);

6.   Kesehatan Hewan (Animal Health);

7.   Teknologi Hasil Pertanian (Agriculture of Technology);

8.   Keamanan Pangan (Food Safety and Security);

9.   Teknologi Informasi bidang Pertanian (IT for Agriculture);

10. Energi Baru dan Terbarukan (Renewable and Novel Energy);

11. Kehutanan (Forestry);

12. Perikanan dan Kelautan (Fishery and Marine);

13. Pertanian Lahan Kering (Dryland Farming);

14. Hortikultura (Horticultural);

15. Perkebunan (Plantation);

16. Pengolahan Limbah Pertanian (Agricultural Waste Treatment).

Diharapkan kompetisi ini dapat menarik kepedulian dan minat civitas akademika dari berbagai disiplin ilmu untuk ikut serta berkontribusi mencari solusi permasalahan bidang pertanian (Agriculture) dan sistem pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Kompetisi diarahkan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk pertanian dengan penerapan teknologi 4.0 yang berwawasan lingkungan. Adapun maksud kompetisi ini untuk mendorong mahasiswa berkreasi mengembangkan teknologi otomasi yang inovatif guna mengatasi berbagai tantangan di bidang pertanian yang meliputi sektor pertanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

Sekali lagi selamat untuk Dimas Aulia Fachrudin beserta tim semoga dapat menginspirasi teman-teman mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta lainnnya untuk dapat meningkatkan kreatifiitas dan berani untuk berkompetisi.