Sarjana Terapan Teknik Multimedia Digital
PROGRAM STUDI TEKNIK MULTIMEDIA DIGITAL
Program Studi S-1 Terapan Teknik Multimedia Digital diselenggarakan tahun 2015 berdasarkan mandat Dirjen Pendidikan Tinggi berdasarkan surat nomor No. 106/E.E2/DT/2014 tanggal 14 Februari 2014 dan keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 105/M/Kp/III/2015. Program studi ini memiliki kelas reguler dan kelas kerja sama dengan institusi pendidikan lainnya. Institusi pendidikan lain yang bekerjasama yaitu Management Science University (MSU)-Malaysia dan Asie E University (AeU). Perkuliahan di program studi ini memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang dibagi menjadi delapan paket semester. Kelas kerja sama S-1 Terapan TMD MSU memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang terdiri dari tiga tahun (enam semester) masa studi di Prodi TMD PNJ, dan satu tahun masa studi di kampus MSU, Malaysia. Kelas kerja sama S-1 Terapan TMD AeU memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang dibagi menjadi delapan paket semester. Kelas kerja sama S-1 Terapan TMD MSU memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang terdiri dari tiga tahun (enam semester) masa studi di Prodi TMD PNJ, dan satu tahun masa studi di kampus AeU, Malaysia.
Selain kerjasama dengan institusi pendidikan dengan skala nasional maupun internasional, kami juga bekerjasama dengan industri teknologi terkemuka yaitu Autodesk Academic Program, sehingga materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan industri pada saat ini.
Program Studi Teknik Multimedia Digital bertujuan menghasilkan lulusan yang berpengalaman dengan profil lulusan sebagai Multimedia developer, Game Developer dan Animator. Menurut data pelacakan alumni, lulusan prodi TMD sebagian besar mendapatkan pekerjaan pada saat sebelum kelulusan sampai dengan 3 bulan setelah kelulusan. Perusahaan yang cukup terkenal yang menjadi tempat kerja lulusan diantaranya adalah Trans TV, TV 7, Indoseiar, PT. Telkom, PT. Indosat, Tbk, Kemdikbud, MNC TV, ruangguru, ICON+, Fujitsu, IBM-JTI, Agathe Game Studio, MNC ANimation. Hal tersebut menjadi tolak ukur bahwa program studi Sarjana Terapan Teknik Multimedia sangat mampu diandalkan pada dunia industri multimedia dan industri kreatif.
KOMPETENSI LULUSAN DIV TMD
No | Jabatan Pekerjaan |
1 | Interactive Multimedia Developer |
2 | Game Developer |
3 | Animator |
TIM PENGAJAR
No | Tim Pengajar | Kepakaran | Ruang Lingkup |
1 |
![]() Iwan Sonjaya, S.T., M.T. |
Interaktif Media dan Gamifikasi |
Aspek dalam penggunaan teknologi untuk menciptakan komunikasi yang dua arah atau dialog antara pengguna dengan sistem seperti penerapan dalam bidang Pendidikan dan Pembelajaran,Periklanan dan Pemasaran, Permainan Video (Video Games),Media Sosial,Seni Digital dan Kreatifitas,Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), Televisi dan Film Interaktif, Periklanan Digital, Aplikasi Kesehatan
|
2 |
![]() Eriya, S.Kom., M.T. |
Sistem Informasi Multimedia | Menggabungkan berbagai jenis media untuk menyampaikan informasi secara lebih dinamis dan interaktif dalam berbagai aplikasi, seperti pendidikan, hiburan, komunikasi, dan bisnis, untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengakses dan memahami informasi |
3 |
Hata Maulana, S.Si., M.T.I |
Artificial Intelligence (AI) | Teknologi Permainan |
4 |
Noorlela Marcheta, S.Kom., M.Kom. |
Pengembangan Aplikasi Multimedia | Mencakup desain, interaksi pengguna, dan implementasi aplikasi yang mengintegrasikan pada berbagai bentuk media seperti teks, gambar, audio, dan video, untuk menciptakan aplikasi/multimedia interaktif yang efektif |
5 |
![]() Ade Rahma Yuly, S.Kom., M.Ds. |
Human Computer Interaction | Fokus pada aplikasi edukatif dan permainan yang dapat merangsang perkembangan kognitif anak. HCI mendukung pengalaman belajar yang menantang namun menyenangkan, membantu anak mengembangkan pemecahan masalah, logika, dan kreativitas dengan kolaborasi orangtua |
6 |
![]() Malisa Huzaifa, S.Kom., M.T. |
Sistem Cerdas | Penerapan sistem cerdasa pada pemanfaatan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) yang memungkinkan interaksi lebih imersif dan intuitif antara pengguna dan sistem |
7 |
![]() Yoyok Sabar Waluyo, S.S., M.Hum. |
English Linguistics | Pragmatik (kajian bahasa, pilihan kata dan makna, pada produk multimedia menurut konsumen); translation (mengalihkan satu bahasa ke bahasa lain, misal bhs Inggris ke dalam bhs Indonesia dan sebaliknya) |
8 |
![]() Fitria Nugrahani, S.Pd., M.Si. |
Analisis, Inklusi & Aksesibilitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Digital | Menggunakan alat, media, dan metode baru untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa, termasuk siswa inklusi |
9 |
Mira Rosalina, S.Pd., M.T. |
Manajemen Proyek, Interaktivitas, dan User Experience (UX) | Pengembangan aplikasi dan game yang menggabungkan berbagai elemen multimedia disertai dengan gamifikasi untuk mendapatkan pengalaman interaktif |
10 |
Sinantya Feranti Anindya, S.T., M.T. |
Pengembangan Framework Pembuatan Game | Pengembangan framework untuk mempermudah proses pengembangan game dengan genre, tujuan, atau perangkat pengembangan game tertentu, serta penelitian terhadap aplikasi game yang menggunakan input non-konvensional (misalnya sistem brain-computer interface) |
File | Nama File | Format Type |
2 Kurikulum Prodi TMD TA 2018 - Jurusan TIK.pdf | application/pdf |