DI Teknik Komputer dan Jaringan

Program Diploma 1 TKJ PNJ merupakan salah satu jawaban atas tingginya kebutuhan tenaga terampil bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer yang menyatakan bahwa dari sekitar 200 perguruan tinggi negeri dan swasta dalam bidang TIK baru menghasilkan sekitar 25.000 lulusan setiap tahunnya, padahal kebutuhan tenaga kerja TIK di bidang industri saja sekitar 500.000 per tahun.

Dengan demikian lulusan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja khususnya dibidang TIK baru berkisar 5%. Sedangkan menurut data dari http://www.edukasi.net proyeksi jumlah mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia tahun 1995-2020 memiliki rata-rata peningkatan sekitar 304 orang per 5 tahun untuk PTN dan 660 orang untuk PTS, maka lulusan bidang TI masih sangat terbatas.

Kebutuhan dunia kerja dalam bidang TIK yang profesional sangat tinggi, namun ketersediaan lulusan hanya sekitar 5%. Hal ini memperlihatkan minat yang tinggi dari masyarakat untuk memperoleh kesempatan mengikuti pendidikan bidang TIK sementara baru dapat ditampung sekitar 4,56%, maka pembukaan Program DI Teknik Komputer dan Jaringan pada Jurusan Teknik Informatika dan Komputer PNJ merupakan suatu cara dalam memenuhi dan menyiapkan sumber daya manusia professional dalam bidang TIK di masyarakat.

KURIKULUM PRODI DI TKJ

KOMPETENSI LULUSAN D1 TKJ

No Jabatan Pekerjaan
1 Network Operation Center
2 IT Support
3 IT Helpdesk
4 Network Technician

 

TIM PENGAJAR

No Tim Pengajar Bidang Peminatan
1
Abdul Aziz, S.P., M.M.
 
2
Nur Fauzi Soelaiman, S.T., M.Kom
 
3
Fachroni Arbi Murad, S.Kom., M.Kom.
Networking
4
Dr. Muhamad Yusup, S.Ag., M.A.
Pendidikan Agama Islam
5
Drs. Refirman, M.Kom.
 
6
Syamsi Dwi Cahya, S.S.T., M.Kom.
Mobile Application, Web Application, IoT

 


Share :


File Nama File Format Type
2 Kurikulum Prodi D1 TKJ - Jurusan TIK.pdf application/pdf