TIK PNJ Raih Juara 1 & 3 ICTSxIEEE ITS STUDENT BRANCH National Student Video Competition PERIODE 2020/2021

IEEE Indonesia Section HTCA bekerjasama dengan IEEE ITS SB pada ICTS 2021 mengadakan Video Presentation Competition untuk mahasiswa Indonesia dengan tema Teknologi kemanusiaan dan kegiatan pembangunan berkelanjutan untuk mempengaruhi masyarakat. Pada tanggal 21 Oktober 2021 telah dilaksanakan live presentation oleh ke-7 kontestan yang terpilih.

ICTS adalah konferensi IEEE yang disponsori bersama secara teknis dan diselenggarakan oleh Informatika Jurusan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Indonesia. Acara ini adalah forum internasional untuk ilmu komputer, teknologi informasi dan komunikasi untuk berdiskusi dan bertukar informasi dan pengetahuan dalam bidang minat. Ini bertujuan untuk mempromosikan kegiatan dalam penelitian, pengembangan, dan aplikasi dalam ilmu komputer, teknologi informasi dan komunikasi.

Publikasi yang diterima akan diterbitkan di IEEE Xplore dan diindeks di SCOPUS Dimana ICTS Paper Video Competition diadakan atas kerjasama IEEE Indonesia Bagian Teknologi Kemanusiaan dan Kegiatan Masyarakat bersama Institut Teknologi Cabang Mahasiswa Sepuluh Nopember Selenggarakan Lomba Presentasi Video untuk Mahasiswa S1 atau S2 Indonesia dengan tema “Humanitarian Technology and Sustainable Development Activities to Influence local Communities”

Kelompok dengan judul Implementation of Mobile-Based Expert System for Early Detection of Depression dari jurusan Teknik Informatika dan Computer Politeknik Negeri Jakarta, yang beranggotakan Nurul Amala Azza dan Ufairoh Nabihah menang sebagai Juara 1 pada kompetisi tersebut. Kelompok tersebut membahas tentang aplikasi “Are you okay?” yang mereka buat untuk deteksi dini depresi. Depresi merupakan gangguan emosional yang dapat mempengaruhi motivasi untuk melakukan aktivitas atau berinteraksi dengan orang lain. Seseorang yang mengalami depresi pada umumnya menunjukkan berbagai gejala baik secara fisik, psikis, maupun gejala sosial.

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, sekitar 91% masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan jiwa tidak tertangani dengan baik, yang dapat menjadi indikasi kurangnya fasilitas kesehatan mental ditambah kurangnya pemahaman akan kesehatan mental. Oleh karena itu, aplikasi “Are you okay” dibuat menggunakan metode certainty factor expert system yang akan mengadopsi pengetahuan pakar psikolog untuk melakukan deteksi dini depresi. Pengembang berharap aplikasi ini dapat mengatasi indikasi-indikasi yang telah disebutkan diatas dan turut berkontribusi dalam SDG problem number 3: for a good health of the society.

Politeknik Negeri Jakarta juga berhasil meraih Juara 3 yang beranggotakan Hana Khairunisa dan Raihan Agro Lestari dengan judul “Implementation of Information System Website and Chatbot ICovid-19 Assistant With Sentence Similarity Measurement Method”.

Kelompok ini membahas mengenai aplikasi bernama “ICovid19 Assistant” yang merupaka sebuah aplikasi berbasis website dan chatbot dengan metode SSM (Sentence Similarity Measurement). ICovid-19 Assistant adalah aplikasi sistem informasi berbasis situs web dan chatbot dengan platform line messenger.

Sistem informasi ini memberikan informasi tentang COVID-19 yang saat ini sedang dialami di dunia, khususnya Indonesia. Sistem chatbot ini bertujuan untuk memberikan informasi jumlah data kasus covid-19 di dunia dan Indonesia, serta di 34 provinsi di Indonesia secara real time, dan memberikan informasi mengenai data vaksin Covid-19.

Selain informasi tersebut, chatbots juga memberikan informasi mengenai data rumah sakit covid-19 dan informasi layanan screening covid-19 di wilayah DKI Jakarta, serta informasi umum tentang covid-19 yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat. Sistem berbasis website digunakan sebagai media yang menyediakan informasi seperti chatbots dengan visualisasi data berupa data nomor kasus, grafik data vaksin Covid-19 dan data rumah sakit covid-19, informasi tabel dan paragraf informasi edukasi. Di situs web admin dapat melakukan beberapa tindakan pemrosesan data pada web ICOVID-19 Assistant.

Sekali lagi selamat untuk Nurul Amala Azza & Ufairoh Nabihah (Juara 1) serta Hana Khairunisa & Raihan Agro Lestari (Juara 3) semoga dapat menginspirasi teman-teman mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta lainnnya untuk dapat meningkatkan kreatifiitas dan berani untuk berkompetisi.

 

 


Share :


File Nama File Format Type
cover.jpg image/jpeg