Pengabdian Masyarakat Prodi Teknik Informatika Tahun 2021

Kemunculan virus covid 19 dalam dua tahun ini mengubah pola hidup keseharian masyarakat di Indonesia khususnya di Kota Depok sebagai kota yang dekat dengan ibu kota negara. Sebagai institusi yang mengelola kesehatan masyarakat dan menaungi seluruh puskesmas di kota Depok, dinas kesehatan memiliki capaian standar mutu layanan kesehatan yang harus dipenuhi setiap tahunnya. Pada masa pandemi Covid-19, layanan kesehatan otomatis tidak dapat beroperasi seperti pada waktu normal.

Pada masa pandemi Covid-19, layanan kesehatan otomatis tidak dapat beroperasi seperti pada waktu normal. Pembatasan juga dilakukan pada layanan-layanan kesehatan di Kota Depok untuk menekan penyebaran corona virus terutama di fasilitas dan layanan kesehatan kota Depok.

Telekonsultasi merupakan metode yang sesuai diterapkan pada situasi saat ini. Direncanakan diterapkan di puskesmas sebagai media layanan telekonsultasi pasien covid 19 yang sedang melaksanakan isolasi mandiri. Aplikasi ini memiliki fitur chat dengan nakes yang mencakup percakapan yang dapat berupa konsultasi keluhan-keluhan pasien, pemberian resep obat dan pencatatan data pasien, resep dan layanan telekonsultasi.

Program Studi Teknik Informatika (TI) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta bersama Dinas Kesehatan Kota Depok bekerjasama dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan menghasilkan Aplikasi “Tecodep” Telekonsultasi Covid-19 Kota Depok yang berfungsi untuk melakukan konsutasi secara online bagi petugas kesehatan kota depok dengan masyarakat khususnya terkait penyebaran corona virus.


Share :


File Nama File Format Type
WhatsApp Image 2022-06-24 at 09.06.43.jpeg image/jpeg