Video Series MPASI dengan Gizi Seimbang, Salah Satu Solusi Mengatasi Permasalahan Stunting

Stunting adalah gangguan tumbuh kembang yang dialami oleh anak, salah satunya akibat asupan gizi yang buruk. Anak-anak yang mengalami stunting, rata-rata mempunyai tinggi badan yang lebih rendah dibanding teman seusianya.

Stunting tidak hanya berdampak pada tinggi badan, tapi juga terhadap kemampuannya kognitif dan motorik. Dampak stunting tidak hanya dirasakan oleh anak saat masih kecil, namun juga ketika ia tumbuh dewasa. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memperhatikan asupan nutrisi yang didapatkan anak dalam makanan pendamping air susu ibu (MPASI).

Oleh karena itu Program Studi Teknik Multimedia Digital (TMD) Politeknik Negeri Jakarta bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok bekerja sama dalam pembuatan video series yang berisikan sosialisasi cara pembuatan MPASI dengan gizi seimbang sebagai salah satu solusi atas permasalahan stunting.

Pembuatan sebuah media sosialisasi merupakan alternatif solusi masalah stunting, karena industri multimedia yang berkembang sampai saat ini dituntut untuk memanfaatkan media digital sebagai salah satu media penyampaian informasi. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan Prodi TMD ini menggunakan media digital berupa video series Pembuatan MPASI sebagai alat edukasi masyarakat, terutama bagi ibu dengan bayi.

Video series ini dapat memberikan daya tarik terhadap masyarakat untuk mendapatkan informasi cara pembuatan MPASI. Sehingga ibu yang memiliki bayi diharapkan bisa memahami secara jelas dan tepat bagaimana pembuatan makanan pendamping ASI (MPASI) dengan gizi seimbang.

Dijelaskan juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dalam acara Penyerahan Hibah Pengmas yang dilaksanakan pada tanggal 11 November 2022,  permasalahan akan cara pemberian MPASI yang tepat dapat terselesaikan dan mengurangi terjadinya stunting secara progresif. Sehingga Dinas Kesehatan Kota Depok melalui programnya dapat berfungsi dengan semestinya, dan dapat berimbas pada percepatan penanganan yang tepat pada pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) bagi ibu yang memiliki balita di wilayah Indonesia khususnya kota depok.